Berdiri pada 16 Maret 1971, Matari Ad dibangun oleh Ken Sudarto dan Paul Karmadi, secara aktif menumbuh-kembangkan industri periklanan di Indonesia. Matari Ad juga menjadi salah satu pelopor lahirnya Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I).
Kini di bawah kepemimpinan Aswan Soendojo, salah satu figur iconic di industri periklanan Indonesia, Matari Ad melanjutkan tekad the Founding Fathers, untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan tetap lincah menghadapi berbagai perubahan dan gerak industri. Selain itu, Matari Ad sebagai perusahaan periklanan konsisten memberikan full service untuk klien, siap berkompetisi dengan perusahaan periklanan multinasional.
LOCATION
Gedung Grha Muncul Mekar
Jl. Raya Kelapa Dua No. 27
Jakarta Barat 11550
Indonesia
+62 (21) 53650068
Penyampaian pesan secara kreatif, menjadi solusi yang menjawab perumusan strategi komunikasi agar menjadi pesan yang tajam dan efektif menancap di benak targetnya, bahkan menjadi word-of-mouth secara luas.
Mainstream Advertising
Kampanye komunikasi produk/merek melalui kanal media konvensional yang bersifat satu
arah, yaitu antara lain TV, koran, majalah, radio, cinema, media luar ruang dan materi POS lainnya.
Brand Name & Logo Brand Design
Identitas berupa nama dan simbol visual sebuah produk/layanan untuk dapat dikenali oleh konsumen sesuai positioning yang ingin dibentuk dan dapat dibedakan dengan pesaingnya.
Packaging Design
Kemasan/packaging merupakan the first touch point , titik persinggungan pertama antara produk dan konsumen, ibarat “etalase” yang mendeskripsikan isi produk dalam kemasan tersebut.
Seperti nama dan logo, disain kemasan dirancang sesuai dengan positioning produk/merek yang ingin dibentuk dan dapat dibedakan dengan pesaingnya.
Perumusan strategi bagaimana pesan komunikasi disebarkan secara efektif dan efisien hingga pesan sampai dan diterima oleh target yang tepat di saat yang tepat.
On Air
Media On Air atau Media Tayang, dalam konteks aktifitas kampanye komunikasi bersifat “searah dan tidak langsung”. Menyebarluaskan pesan komunikasi melalui kanal media audio (radio) dan atau media audio-visual (televisi) dalam satu waktu yang bersamaan (real time) menjangkau luas kawasan tertentu.
On Line
Media On Line atau Media Daring, dalam konteks aktifitas kampanye komunikasi bersifat “dua arah
tapi tidak langsung”. Menyebarluaskan pesan komunikasi secara dua arah (interaktif) pada kanal daring (dalam jaringan/internet) baik website, portal ataupun media sosial.
On Ground
Kegiatan On Ground atau Off-Air, dalam konteks aktifitas kampanye komunikasi bersifat “dua arah
dan langsung”. Menyebarluaskan pesan komunikasi secara dua arah dan langsung, dimana produsen suatu merek produk/jasa dengan berbagai tujuan bertemu langsung dengan konsumennya di suatu tempat umum.
Saya mengawali karir iklan saya di Matari sejak 1995 sebagai Trainee. Hingga saat ini saya telah membuat iklan untuk hampir semua jenis kategori produk maupun jasa, berkomunikasi dengan segala jenis konsumen mulai dari anak SD sampai manula, dan memenangkan beberapa penghargaan iklan nasional.
Sebelumnya, Bucin muda bermimpi menjadi seorang jurnalis. Ketika di tahun 1999 ia berkesempatan masuk ke dunia advertising, Bucin pun mulai kecanduan dan tidak mau berpaling. Minatnya dalam hal business and marketing ikut memperkaya perspektifnya ketika menciptakan kreativitas, yang menjadi solusi dalam bentuk marketing tool, dan bukan sekadar pertunjukan karya saja.
Snorkeling dan catur, adalah dua hobi yang membuat hidupnya terus menyala. “Buat gue Advertising itu seperti snorkeling, mengarungi lautan ide tanpa batas dan ‘Aha’ begitu exciting ketika menemukan ide brilian bak cantiknya warna-warni karang dan ikan. Advertising itu seperti main catur, penuh detail perhitungan mengembangkan brand dan ‘Skak’ menyentil kompetitor saat ada kesempatan.”
Ia akrab disapa Tuti, memulai karirnya sekitar 20 tahun lalu. Salah satu Media Strategy berpengalaman yang dimiliki Matari Ad, Tuti sangat menikmati kegiatannya dalam memimpin dan membuat strategi kampanye media setiap brand yang ditanganinya.
Ika, memulai karir sebagai Media Planner, kini ia dipercaya Matari Ad sebagai Media Buying Director. Ia yang akrab dan terbiasa membaca data sekaligus memiliki kemampuan analisa yang baik, membuatnya mampu memberikan layanan berupa Media Plan yang efisien, sesuai dengan target produk atau brand.
Kang Agus, memulai karirnya di sebuah advertising agency multinasional. Ia dikenal sebagai sosok account planner yang multi-talenta, engaging dan result-oriented dalam bekerja. Selain itu, ia juga berpengalaman di bidang consumer dan B to B advertising, di samping kekuatan utamanya Strategic Plan.
Sekitar dua puluh tahun lalu, Sultan yang masih kuliah memulai karirnya sebagai freelancer di industri musik. Setelah itu, ia konsisten menggeluti bidang kerja Event Organizer dan Entertainment, mengasah kemampuannya dalam merancang dan mengeksekusi berbagai event penting. Sepuluh tahun kemudian, Sultan bergabung dengan Matari Ad. Dan kini, sebagai salah satu Account Director di Matari, kekayaan pengalaman yang dimiliki, sangat memberi dampak positif untuk kemajuan Activation Team yang dipimpinnya.
Lebih dari 15 tahun lalu, Nathan memulai karirnya di bidang event management dan consumer direct program. Ia juga pernah bekerja di client side, salah satu pengalaman yang memperkaya pengetahuan marketing-nya. Sejak 6 tahun lalu Matari Ad mempercayakannya untuk memimpin Account Activation Team, menangani beberapa client utama, seperti PT Toyota-Astra Motors, Wismilak, dan lain-lain.
Ia sudah jatuh cinta dengan dunia periklanan sejak masih di bangku kuliah. Ketika lulus, ia pun memulai karirnya di sebuah agency lokal, dan membentangkan sayapnya hingga ke beberapa advertising agency multinasional. Sudah lebih dari 5 tahun ini, Wita begitu menikmati dinamika karirnya di Matari Ad.
Budhi memulai karir di sebuah advertising agency multinasional, dan berlabuh di Matari Ad lebih dari 15 tahun. Berbagai client telah ditangani, food, beverage, finance, dan lain-lain. Beberapa client besar dikawalnya sejak proses pitching.
20 tahun di industri, menangani banyak kategori produk mulai dari farmasi, food, beverage, retail, bank, cosmetics, property, dan lain-lain. Yang paling lama di farmasi, food, beverage, mulai dari pembuatan brand, penyusunan brand essence/brand strategy s/d campaign 360 derajat. Prinsip kerja: not only give the Client what they think they want, but give them what they never knew they need until they see it.
Dunia lari dan advertising adalah dua hal yang menyatu menjadi sosok haRUN, yang berpijak pada TIGA prinsip utama: Fokus | Komitmen | Disiplin. Prinsip yang menjadikannya konsisten memberi hasil kerja yang baik, sekaligus menuntut komitmen yang tinggi terhadap dirinya dan seluruh tim yang bekerja sama dengannya. Ia yakin keberhasilan dicapai karena teamwork. DUA poin utama yang selalu dipegang teguh untuk sebuah teamwork yang baik yaitu: masing-masing individu dalam tim harus Reliable & Predictable. Tentunya hal itu dilakukan hanya karena fokus mencapai satu tujuan: keberhasilan Brand atau Produk yang ditangani.
Henny, telah melalui berbagai workshop dan seminar di dalam maupun luar negeri, begitu juga ketika ia memiliki kesempatan bekerja di Bozell Amsterdam. Semua pengalaman itu telah menempanya, sehingga menjadikannya sosok yang asik untuk diajak berdiskusi topik apapun.
The Cannes Lion International Festival Creativity
The Cannes Lions International Festival Creativity merupakan ajang internasional untuk insan kreatif dunia komunikasi, periklanan, dan bidang kreatif lainnya.
The Cannes Lion International Festival Creativity
The Cannes Lions International Festival Creativity merupakan ajang internasional untuk insan kreatif dunia komunikasi, periklanan, dan bidang kreatif lainnya.
The Young Spikes Competition merupakan bagian dari ajang Spikes Asia Festival yang diikuti oleh peserta se-Asia Pasifik.
Matari mengirim Ane Art Director muda pemenang Daun Muda Award Citra Pariwara.
The Young Spikes Competition merupakan bagian dari ajang Spikes Asia Festival yang diikuti oleh peserta se-Asia Pasifik.
Matari mengirim Ane Art Director muda pemenang Daun Muda Award Citra Pariwara.
Ajang penghargaan terhadap karya-karya inovatif dan kreatif di dunia advertising, desain, dan komunikasi.
Tahun 1978 Print Ad “The Indonesian Consumer Profile: Dr. Rosita Noor, Bambang Hidayat, Patty Tunjungsari, Hananto, Putroyudho Sudharto, dan H.A.R. Tilaar & Family,” kategori Overall Campaign, mendapatkan penghargaan Advertising Excellence Worldwide Clio Awards.
Ajang penghargaan terhadap karya-karya inovatif dan kreatif di dunia advertising, desain, dan komunikasi.
Poster Color “We Have Not Inherited the Earth from Our Parents – We Have Borrow it from Our Children,” kategori Public Service Environmental Protection Campaign, mendapatkan Certificate of Creative Excellence Worldwide Clio Awards.
Ajang penghargaan terhadap karya-karya inovatif dan kreatif di dunia advertising, desain, dan komunikasi.
Tahun 1989 Poster Color Matari Olympic Games of Super Power, mendapatkan The 30th Annual Clio Awards Honoring Advertising Excellence Worldwide.
Ajang penghargaan terhadap karya-karya inovatif dan kreatif di dunia advertising, desain, dan komunikasi.
Tahun 1989 Poster Wild Life Protection versi Creatures of Paradise Killed by Prestige, katergori Public Service Ad: Political, mendapatkan The 30th Annual Clio Awards Honoring Advertising Excellence Clio Awards.
Jeffry Katianda saat menerima penghargaan, tahun 2013
Di tahun 2013, Jeffry berhasil memboyong Winner of Indonesian Radio Awards untuk iklan radio Vigel.
Jeffry Katianda saat menerima penghargaan, tahun 2013
Di tahun 2013, Jeffry berhasil memboyong Winner of Indonesian Radio Awards untuk iklan radio Vigel.
Jeffry Katianda saat menerima penghargaan, tahun 2015
Di tahun 2015, Jeffry memboyong dua penghargaan sekaligus di ajang Pinasthika Festival Iklan; yaitu Silver Pinasthika Awards untuk iklan radio Dulux versi “Yellow,” dan Bronze Pinasthika Awards untuk iklan radio Dulux versi “Red.”
Jeffry Katianda saat menerima penghargaan, tahun 2013
Pada Festival Iklan yang diselenggarakan di Yogyakarta tahun 2013, Jeffry, Creative Group Head dari Matari Ad, memboyong Bronze Pinasthika Awards-Radio Ad untuk iklan radio Vigel.
Jeffry Katianda saat menerima penghargaan, tahun 2008
Tahun 2008, kembali mendapatkan penghargaan Bronze untuk Print Ad versi Bear, kategori Bawana Produk Kesehatan, Obat, Perawatan Pribadi, Pakaian dan Aksesoris.
Jeffry Katianda saat menerima penghargaan, tahun 2007
Tahun 2007, Matari Ad mendapatkan penghargaan Bronze untuk iklan Radio Britama versi Sinden, kategori Mix Media dan kategori Radio Promosi.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Kami sajikan iklan-iklan yang akan memanggil memori masa kecil Anda, sekaligus menyimak perjalanan dunia periklanan Indonesia.
Selamat menonton.
Dalam bahasa yang ringan dan mudah disimak khas Bondan Winarno, periklanan Indonesia dikupas tuntas. Mulai dari era kolonial VOC, gerobak sapi sebagai iklan, perkembangan pers media cetak, radio, dan TV, hingga ke era satelit dan internet. Bagaimana industri periklanan tumbuh dan apa peran pemerintah di dalamnya.
Cipta & Regga saat menerima penghargan dari Bapak Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, di tahun 2016
Kado akhir tahun 2016 untuk Matari dipersembahkan oleh Cipta Purnama Giri, Art Director muda multi-talenta. Cipta bersama Regga rekannya, berhasil menjadi Juara III Daun Muda Awards Festival Iklan Citra Pariwara 2016, yang diselenggarakan oleh PPPI.
Ajang lomba terbesar untuk karya iklan kreatif dari seluruh Indonesia, yang diselenggarakan setiap tahun oleh PPPI.
Tahun 2007, Teh Celup Sosro mendapatkan penghargaan Bronze untuk kategori Art Direction, TVC versi Quality Moment, Quality Tea.
Ajang lomba terbesar untuk karya iklan kreatif dari seluruh Indonesia, yang diselenggarakan setiap tahun oleh PPPI.
Tahun 2006, MATARI AD mendapatkan BRONZE untuk TVC Tehbotol Sosro versi Makan Ati dan Makan Bulan, di mana saat itu tidak ada peraih emas dan perak untuk kategori ini. Selain itu, iklan Radio Inza versi Stasiun di kategori Iklan Produk Kesehatan & Obat Bebas dan PSA TVC versi “Menggambar” kategori Iklan Layanan Masyarakat, masuk sebagai Finalis di masing-masing kategori.
Ajang lomba terbesar untuk karya iklan kreatif dari seluruh Indonesia, yang diselenggarakan setiap tahun oleh PPPI.
Tahun 2000, masuk sebagai Finalis iklan Print Ad, kategori Produk Kesehatan dan Obat-obatan Moderen, untuk brand Pelumas Gel Vigel versi Penetrasi Lancar.