Diskusi Publik Oleh Kasrat BEM FAST Untuk Meningkatkan Sikap Kritis Mahasiswa Terhadap Isu Lingkungan Sekitar

bem.fast.uad.ac.id, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta– Proses diskusi memainkan peranan penting dalam seluruh kehidupan sehari-hari. Karena hal tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari demokrasi dan perilaku kita sebagai perorangan, terutama dalam kehidupan bermasyarakat. Bagi kalangan peminat dan pemerhati kajian dan isu sosial-politik-sains dan teknologi, kegiatan diskusi adalah kegiatan yang cukup penting dalam mensosialisasikan ide, gagasan, agitasi dan bahkan propaganda-propaganda organisasi atau personal.

Isu sampah menjadi permasalahan yang tidak pernah dapat terselesaikan, setiap hari setiap orang akan memproduksi sampah, bahkan Indonesia menjadi penyumbang sampah plastisk terbesar kedua. Tentunya hal ini menjadi isu yang perlu diperhatikan oleh warga Indonesia sendiri, terutama bagi Mahasiswa yang merupakan akademisi yang harus melek isu. Lalu apa yang menyebabkan Indonesia menempati peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar? Tidak lain adalah kesadaran masyarakat yang kurang terhadap permasalahan sampah di sekitar, sehingga membuang sampah sembarangan ataupun penggunaan produk berbasis plastic menjadi hal biasa bagi masyarakat. Faktor lainnya adalah regulasi dari pemerintah itu sendiri, penegakkan aturan hokum terkait permasalahan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang serius,

Terkait hal ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (BEM FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) departemen kajian dan strategi mengadakan kegiatan “Ruang Diskusi Publik” pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 secara offline yang bertempat di Ruang Kaca Sayap Barat lt.10 Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan Ruang Diskusi Publik yang mengangkat tema “Inefficiency Waste Management: Public Awareness & Government Regulation” yang di mana merupakan sebuah topik diskusi mengenai waste management dalam mengelola sampah dan dampak yang dapat disebabkan oleh kesalahan dalam pengelolaan limbah seperti toxic effects dari anorganik maupun biodegradable yang terdapat di dalamnya.

Ketua pelaksana Anhar Suryadi mengungkapkan bahwa kegiatan diskusi ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan sikap kritis mahasiswa terkait permasalahan sampah di sekitar. Isu terkait permasalahan sampah menjadi topic yang menarik untuk dibahas, karena beberapa penyebab :

  1. Permasalahan sampah di Indonesia yang masih kurang perhatian
  2. Beberapa waktu lalu sebuah TPA ditutup karena terjadi penumpukan sampah
  3. Kurangnya kesadaran masyarakat terkait permasalahan sampah di sekitar

Acara yang diikuti oleh Mahasiswa UAD dan Umum ini menghadirkan beberapa pihak yang menjadi pemantik dari kegiatan diskusi ini. Ada Bapak Ananto Isworo, S.Ag selaku founder dari Gerakan Shadaqah Sampah, Saudara Fauzan Munib selaku Manager Operasional Daur Resik, dan Ibu Mareta Hexa Sevana, S.T., MIDS, MURP

Sesi diskusi pertama disampaikan oleh Pak Ananto Isworo, S.Ag selaku founder dari gerakan shadaqah sampah, dan beliau menyampaikan beberapa point di dalamnya:

– Sisa limbah yang masih mengandung energi ini masih mengandung energi ini bisa diproduksi jadi barang

– Sampah dapat membawamu menuju surga atau neraka

– Membuang sampah yg bisa dimanfaatkan sama saja haram karena dpt membunuh 1 makhluk hidup yg brti jg membunuh semua makhluk hidup

– Gerakan Shodaqoh Sampah tidak terikat volume,waktu, tugas ,penerimaan dll.

Saudara Fauzan Munib selaku Manager Operasional Daur resik menjadi pemantik kedua, yang mana telah dijelaskan pada sesi pertama oleh pihak GSS bahwa pola hidup sehat berasal dari bagaimana kita mengelola sampah, bagaimana kita bisa  menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan menempatkan sampah di tempat yang tepat. Oleh daur resik sendiri dijelaskan bahwa pemilahan sampah harus menjadi lifestyle, yang mana sampah-sampah yang kita hasilkan setiap hari harus menjadi lebih tepat pengelolaannya, yaitu dengan mengelompokkan sampah-sampah berdasarkan jenisnya. Dengan hal tersebut, sampah-sampah yang nantinya akan dikelola menjadi lebih mudah dan tentunya tidak akan menyulitkan ketika sampah-sampah tersebut akan di kelola oleh pihak pengelola.

foto pemilahan sampah

Pemantik ketiga, Ibu Mareta Hexa Sevana, ST, MIDS, MURP selaku perwakilan dari dinas lingkungan hidup kota Yogyakarta menyampaikan penanggulangan terkait TPS Piyungan dan penanggulangan-pengelolaan sampah dari setiap rumah dan kelurahan. Beliau juga menyampaikan bahwa jumlah sampah plastik yang dihasilkan lebih banyak sejak pandemi. Setiap tempat dan kecamatan harus punya tempat sampah sendiri yg dikelola oleh masyrakat setempat.

“Untuk mengatasi permasalahan sampah, pihak pengelola harus mempercepat proses pengangkutan dan pemilahan sampah agar tidak terjadi penumpukan sampah, karena TPA yang tersedia tidak mencukupi untuk menampung jumlah sampah yang dihasilkan” ungkap Ibu Mareta.

Beliau juga menyampaikan beberapa point yang menjadi topik diskusi di acara tersebut:

  • Di setiap daerah harus mengurangi tiga puluh persen jumlah timbunan sampah per daerah.
  • Anggaran yang tersedia belum mencukupi untuk mengatasi permasalahan sampah di . Perlu adanya bantuan teknologi
  • Penyontohan pemanfaatkan maggot untuk mengatasi masalah sampah. Magot dapat jadi daya jual, kapsul, dan obat.
  • Urusan lingkungan hidup menjadi layanan dasar sebagai pelayanan energi yang dapat manfaatkan masyarakat

Bismillahirrahmanirrahim
Bem fast 2020/2021
Kabinet integral

KEGIATAN KEMAHASISWAAN ORMAWA FAST 2019

 


Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai ✌ Teman-teman FAST !!
Ini nih Kegiatan ORMAWA di FAST, 👐 Ayo kita Sukseskan dan Ramaikan kegiatan ini dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan yang telah diadakan oleh ORMAWA FAST yang akan menunjukkan kebersamaan dan kesolidaritasan kita para warga FAST…
Jadi jangan pada Ragu lagi ya para warga FAST, karena kegiatan yang diadakan ini didukung juga oleh Dosen loh, jangan sampai ketinggalan dan catet tanggalnya!!



Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
#BEMFASTUAD
#WeAreUAD

Kejuaraan Wilayah Tapak Suci

Alhamdulilah Mahasiswa UAD dari FAST Khususnya prodi Sistem Informasi berhasil memperoleh medali Kejuaraan wilayah Tapak Suci yang di laksanakan pada 6 – 7 Juli 2019 di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Yogyakarta.
Atas nama :
1. Habib Baharuddin H
Prodi Sistem Informasi angkatan 2017.
Perolehan medali (Emas 🥇) kategori seni tunggal tangan kosong dan kategori seni beregu
2. Nizar Robbani
Prodi Sistem Informasi angkatan 2017. Perolehan medali ( Emas 🥇) kategori tanding kelas A Putra

Selamat atas prestasinya dan tetap semangat untuk terus berlatih 💪



Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
#BEMFASTUAD
#WeAreUAD

Lomba Pekan Kreativitas Mahasiswa FAST 2019

[PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA]


بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَن الرَّحِيْـــــمِ
Halo gaes!!📣📣
Lomba PKM ada lagi loh, kali ini bertema tentang “Meningkatkan Jiwa Kreatif dan Inovatif dalam Menulis untuk Mewujudkan Saintis yang Berprestasi”
Jangan lupa segera daftarkan tim kalian, dan catet tanggal pentingnya yaa…
Pendaftaran : 24 Juni – 3 Juli
Pengumpulan proposal : 4 – 6 Juli
Penilaian juri : 7 – 10 Juli
Pengumuman : 11 Juli
Presentasi : 13 Juli
Nah… Bidang PKM yang bisa kalian kembangkan antara lain :
💡Kewirausahaan
💡Penelitian
💡Pengabdian Masyarakat
💡Teknologi
💡Cipta Karsa
Nah.. Syarat dan ketentuan bisa diliat langsung di pamfletnya.
Bagi 5 karya terpilih masing-masing akan mendapatkan :
Juara 1 : plakat + uang pembinaan + sertifikat
Juara 2 : uang pembinaan + sertifikat
Juara 3 : uang pembinaan + sertifikat
Juara 4 : uang pembinaan + sertifikat
Juara 5 : uang pembinaan + sertifikat
So… Tunggu apalagi gaes, segera daftarkan tim kalian pada CP :
Ariqah (0822-7362-3466)
Erlinda (0838-6981-8231)



Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
#BEMFASTUAD
#WeAreUAD

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H

[SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H]

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

BEM FAST UAD mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H
Taqobbalallahu minna wa minkum wa Shiyamana wa Shiyamakum, Minal Aidzin wal Faizin
Mohon maaf lahir dan batin.

Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar Walillahilhamdh. •


Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
_________________
#BEMFASTUAD
#WeAreUAD

Kegiatan Bagi Takjil

[KEGIATAN BAGI TAKJIL]


Sedang berlangsung kegiatan bagi takjil dan kegiatan di masjid oleh Departemen Sospem dan AI bekerja sama dengan PM3 dari prodi Matematika bertemakan ” Menjalin Ukhuwah yang Agamis dengan Berbagi Kepada Masyarakat” di TPA Wukirsari, Ahad, 26 Mei 2019.



Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
_________________
#BEMFASTUAD
#WeAreUAD

Seminar Emansipasi Wanita

[SEMINAR EMANSIPASI WANITA]
|
Alhamdulillah telah dilaksanakan seminar emansipasi wanita dengan tema “Memaknai Emansipasi Wanita di Era Millenial” oleh Departemen Sospem pada hari Selasa, 30 April 2019 dengan pemateri Hanifah Razan, 1st runner up Putri Muslimah Indonesia 2018, yang bertempat di Auditorium A Kampus III UAD .
|
Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
__________________
#BEMFASTUAD
#WeAreUAD

Pembukaan Desa Mitra

[PEMBUKAAN DESA MITRA]


Alhamdulillah telah dilaksanakan kegiatan pembukaan desa mitra di dusun Wukirsari, Imogiri Timur. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, semoga bermanfaat dan barokah… Aamiinn🙏



Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
_________________
#BEMFASTUAD
#WeAreUA

Pelatihan TPA Di Desa Mitra

[PELATIHAN TPA DI DESA MITRA]


Alhamdulillah, pelatihan TPA di desa mitra bisa dilaksanakan dengan lancar. Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk datang ke desa mitra. Semoga bermanfaat & barokah. Aamiinn😊🙏🏼 •


Departemen Komunikasi dan Informasi
BEM FAST UAD 2019
Kabinet Harmonis
____________________
#BEMFASTUAD
#WeAreUAD