• SMK NEGERI 1 BANGGAI
  • SMK Bisa, SMK Hebat

Profil

SEJARAH SINGKAT

SMK Negeri 1 Banggai  berdiri pada tanggal  06 Mei 2004 disahkan melalui SK Bupati yang ditandatangani oleh wakil Bupati Banggai Kepulauan Oleh Bapak Sunarto Saleh, SH. Dengan nama SMK Kecil Banggai yang bertempat di SMP N 1 Banggai Jalan Banteng II/97 Kel. Lompio Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. SMK Kecil dipimpin Oleh Bapak Supriyadi, S.Pd. Pada angkatan pertama membuka Program Keahlian Teknik Informatika. Tahun berikutnya 2005 SMK Kecil Banggai Membuka 2 Program keahlian yaitu Teknik Informatika dan Teknik Gambar Bangunan. Tahun 2007 SMK Kecil Banggai Berubah Nama menjadi SMK Banggai dan menambah Program Keahlian yaitu : Teknik Otomotif Sepeda Motor.

Tahun 2009 sesuai perubahan Spektrum SMK oleh Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Nasional, maka SMK Banggai Merubah Program Keahlian Menjadi Kompetensi Keahlian yaitu Teknik Informatika (IT) menjadi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan Teknik Sepeda Motor (TSM) dan menambah Kompetensi Keahlian yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Tahun 2009 SMK Banggai pimpinan Bapak Supriyadi, S.Pd. digantikan oleh Bapak Rusman, S.Pd., M.Pd. Pada tahun yang sama SMK Banggai mendapat Bantuan Pembangunan USB SMK Negeri 1 Banggai sebesar Rp. 1.500.000.000 dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengan. Serta Mendapat Bantuan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan Nasional Sebesar Rp. 330.000.000. Pembangunan USB SMK Negeri 1 Banggai Beralamatkan di Jalan Bubung Batu No. 01 Dusun Tinakin Darat Desa Lampa Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut.

Pada tanggal 06 februari 2010 USB SMK Negeri 1 Banggai diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Bapak H.B. Paliuju. Tahun 2010 SMK Negeri 1 Banggai membuka 6 (Enam) Kompetensi Keahlian Yaitu : Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Gambar Bangunan (TGB), Teknik Sepeda Motor (TSM), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Agribisnis Perikanan (AP). Selama Bapak Rusman, S.Pd., M.Pd., memimpian SMK Negeri 1 Banggai banyak menerima bantuan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun 2011 kepeminpinan SMK Negeri 1 Banggai goyah karena pengaru suhu politik di Banggai Kepulauan dipimpin Bupati Bapak Drs. Irianto Malinggong, MM, maka Bapak Rusman, S.Pd. M.Pd di non aktifkan dan digantikan oleh Bapak Hudari, S.Pd. Kepemimpinan Bapak Hudari, S.Pd. tidak diakui oleh Guru, Siswa dan Komite sekolah. Maka Bapak Rusman, S.Pd., M.Pd. diangkat kembali menjadi Kepala Sekolah oleh Bupati Banggai kepulauan Bapak Drs. Lania Laosa. Tahun 2012 Bapak Rusman, S.Pd., M.Pd.  dilantik oleh Bupati Banggai Kepulauan menjadi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai Kepulauan serta Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Banggai isi oleh Bapak Mansur, S.Pd hingga sekarang. 

Tahun 2021/2022 SMK Negeri 1 Banggai memiliki Peserta Diklat sebanyak 903 siswa. Kepemimpian Bapak Mansur, S.Pd., SMK Negeri 1 Banggai sudah Mendapat Bantuan Berupa Pembangunan 1 Unit Ruang Kelas Baru (RKB), 5 Ruang Praktik Siswa (RPS) dan bantuan dana BOS dari Pemerintah Pusat. Sejak Tahun 2014 ini SMK Negeri 1 Banggai dipercayakan sebagai Pusat IT Center  SMK se Kabupaten Banggai Laut. Pada tahun yang sama Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 1 Banggai telah menjadi binaan Yamaha Indonesia Motor (YIM) dan telah mendapatkan donasi berupa beberapa Engine Yamaha dan peningkatan kompetensi Guru Produktif. SMK Negeri 1 Banggai Telah menamatkan Siswa-siswi sejak berdiri sampai sekarang sebanyak 3500 peserta didik. SMK Negeri 1 Banggai Mejalin Kerja sama melalui siswa Praktek Kerja Industri dengan berbagai dunia usaha diluar dan di dalam kabupaten yaitu : Perusahan perakitan Komputer di Makassar (Dinasti Komputer, Dimensi Komputer, Surya Komputer, Venus Komputer, HnD Komputer, Genius Komputer, Joy Komputer DiGi Part Komputer, STMIK AKBA, STMIK Profesional dan STMIK Dipanegara). Mitra usaha di Luwuk (AMIK Nurmal, Dealer yamaha Sekota Luwuk) di kota Banggai (Kantor/Badan/Dinas Horisontal dan Vertikal dilingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut, BRI Unit Banggai, BRI KCP Banggai). (by. Fadli Mandagi)

Komentar

HACKED BY Tobiz

Hacked By KenzoXploit

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI: Menjadikan SMK Negeri 1 Banggai yang Unggul dan Kompeten berlandaskan IMTAQ dan IPTEK   MISI: Meningkatkan kualitas peserta didik melalui pembinaan kesiswaan untuk mewujudka

24/06/2021 10:18 - Oleh A. Ikbal - Dilihat 100 kali